Proses Rekrutmen TELKOMSEL Great People Trainee Program (GPTP)

logo Telkomsel
Bertempat di ITB Career Center, Telkomsel pada Februari 2015 lalu mengadakan rekrutmen untuk mahasiswa - mahasiswa yang ingin berkarir di bidang telekomunikasi. Perusahaan ini adalah perusahaan besar di Indonesia dan tidak boleh dipandang sebelah mata. Intinya bekerja di perusahaan ini maka hidup Anda akan makmur dan sejahtera.

Tentu saja Anda penasaran bagaimana proses rekrutmen Telkomsel GPTP nya. Perekrutan dilakukan di minimal 10 Universitas terbaik di Indonesia sebut saja, UI, UGM, ITB, kemudian ada juga USU, Unsri di Palembang, Universitas Hasanudin di Makassar, Universitas Cendrawasih di Jayapura dan Institut Telkom sendiri tentunya. Proses pertama adalah CV screening di mana waktu itu ada sekitar 800 pelamar (kata VP yang melakukan presentasi) dan ternyata ada sekitar 130an yang lolos CV screening. Tetapi hanya 100 yang mengikuti tes di ITB saat itu termasuk saya.

Mari kita mulai proses rekrutmennya. Pada saat itu, tidak ada metode eliminasi namun seluruh tes diadakan sampai selesai untuk semua partisipan. Berikut adalah prosesnya.

1. PSIKOTES

tes IQ
Tes IQ wajib, karena mewakili apakah Anda bisa berpikir menggunakan logika atau tidak. Tentu dalam bekerja, logika sangat penting apalagi jika memegang posisi yang penting. Tips dari saya adalah sering-seringlah mengerjakan soal-soal psikotes di buku yang bisa Anda beli di toko buku manapun, hal ini akan melatih otak Anda untuk terbiasa dan cepat dalam mengerjakan soal psikotes. Tes ini ada batas waktu sehingga selain ketepatan, Anda juga diharuskan untuk mengerjakan soal dengan tepat dalam waktu yang singkat.

tes Pauli
Tes yang melelahkan ini memang kadang menjengkelkan, sampai ketika saya menulis artikel ini, sudah 5x saya mengerjakan tes pauli dan sejenisnya. Tes ini menggambarkan apakah Anda adalah orang yang konsisten atau tidak. Jangan pada awal-awal saja Anda cepat tetapi setelah itu kelelahan dan kemudian melambat. Tes ini menggambarkan daya juang Anda dan jika Anda tidak terlalu mampu maka haruslah berlatih terlebih dahulu sebelum mengikuti psikotes di manapun. Tidak ada salahnya berlatih karena makin lama Anda akan semakin jago dan tes pauli adalah hal yang kecil buat Anda.

tes kepribadian
Tes kepribadian sangat penting karena kepribadian bergantung pada Anda apakah senang mengerjakan sesuatu atau tidak. Untuk pekerjaan marketing maka Anda haruslah orang supel,ceria, suka berkenalan dengan orang baru, suka berhadapan dengan orang banyak dsb. Untuk pekerjaan analyst tentu saja diutamakan adalah orang yang memang lebih suka bekerja di hadapan komputer dan lebih jarang berinteraksi dengan banyak orang. Sedikit tips, mulailah mengenali kepribadian Anda karena hal ini sangat penting bagi karir Anda. Anda dapat menentukan pekerjaan mana yang paling tepat dan membuat Anda tidak akan bosan mengerjakannya, hanya jika Anda tahu kepribadian Anda cocok dengan pekerjaan apa.

Banyak sekali tes kepribadian yang bisa Anda lakukan di internet seperti tes temperamen, tes papi, tes big five personality, MBTI dan lain lain.

Setelah menyelesaikan semuanya itu maka Anda sudah menyelesaikan tahap pertama. Jika lolos maka Anda akan dihubungi melalui email dan semoga berhasil.


2. INTERVIEW HRD dan USER

Estimasi saya yang lolos ke tahap interview bisa jadi sekitar 50% dari yang psikotes. Interview pada saat itu dilakukan di Wisma Mulia lt. 7 di jl Gatot Subroto, Jakarta. Jika Anda membawa mobil dari bandung maka dapat menggunakan jalan tol dalam kota dan keluar ke arah Kuningan,Matraman. Kemudian setelah lewat lampu merah pertama, maka tidak lama lagi di sebelah kiri Anda akan menemukan Wisma Mulia.

Di ruangan interview Anda akan bertemu dengan Vice President dan HRD yang akan mewawancarai Anda. Pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan pada saat itu kepada saya adalah seperti demikian:

1. Perkenalkan diri Anda dalam bahasa Inggris
2. Apa yang kamu ketahui tentang Telkomsel?
3. Apa saja produk telkomsel?
4. Posisi mana yang Anda lamar?
5. Kelebihan dan kelemahan Anda?
6. Melamar di mana saja selain Telkomsel?
7. Suka berhadapan dengan banyak orang?
8. Olahraga apa yang dilakukan?
9. Apa kalimat terakhir untuk menutup wawancara ini ?
10. Dan lain lain

Inti dari hal ini adalah Anda tidak boleh tidak menyiapkan. Anda sudah tahu seperti apa pertanyaan wawancara namun salah Anda jika gagal karena tidak melakukan persiapan. Saya sendiri gagal walaupun sudah melakukan persiapan. Namun permasalahan saya waktu itu ada di pemilihan posisi kerja, ketidakjelasan posisi kerja yang dibuka (hanya disebutkan GPTP) membuat saya bertanya-tanya dan mencari-cari apa sih posisi yang dibuka. Yang saya tahu hanyalah marketing, IT, accounting dan lain-lain. Namun dari list yang saya temukan tidak ada yang cocok dengan saya sehingga saya sendiri kebingungan ketika menjawab pertanyaan pewawancara.


3. MEDICAL CHECK UP

Jika Anda dipanggil untuk MCU maka dipastikan Anda telah lolos interview dan telah melewati tahap yang paling susah menurut saya. Namun tahap ini tidak menjamin Anda lolos ke tahap berikutnya. Standar perusahaan dalam hal kesehatan bisa berbeda - beda dan walaupun Anda merasa sehat ataupun secara klinis masuk standar sehat, mungkin saja standar yang ditetapkan perusahaan lebih tinggi.

4. OFFERING LETTER

Tahap ini adalah yang paling susah diterima karena bisa jadi sangat tidak sesuai dengan harapan Anda. Bukan masalah gaji, bukan masalah tunjangan atau fasilitas tetapi masalah domisili kerja Anda. Kota - kota besar sudah penuh tentunya dan Anda tidak memiliki pilihan lain selain ditempatkan di kota - kota kecil yang jauh dari tempat tinggal Anda sekarang. Namun, tidak berarti Anda harus menerimanya. Keputusan tetap di tangan Anda karena jika Anda ujung - ujungnya tidak bahagia jika bekerja di sana maka lebih baik dari awal tidak dilanjutkan. Just take it easy. Masih banyak kesempatan lain dan mungkin Tuhan ingin Anda bekerja di tempat yang lebih baik.

Anda juga jika menyukai suasana baru dan tidak terbentur masalah domisili, maka Telkomsel adalah perusahaan yang sangat bagus dan sedikit orang yang memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di dalamnya.


Special Information

Ya, Anda akan mendapatkan informasi berharga dan paling menarik yaitu gaji dan jenjang karir. Jenjang karir di Telkomsel menurut saya sangat baik dan jika lancar maka Anda akan dibilang cukup sukses dalam karir profesional Anda.

Gaji Telkomsel untuk GPTP selama 6 bulan pertama adalah Rp. 4.300.000,- di mana Anda dapat pulsa kartu Halo sebesar Rp. 500.000,- , asuransi kesehatan dan makan siang.

Jika lulus dari program trainee tersebut maka akan menjadi pegawai tetap dengan gaji sekitar 6 juta rupiah. Eit, dengan bonus yang sangat lumayan yaitu minimal setahun minimal dapat 18x gaji, jika kinerja baik maka dapat 24x gaji. Ibarat minimal gaji 9 - 12 juta sebulan. Tentunya ini akan membuat Anda makmur.

Jenjang karir di Telkomsel sangat baik seperti kata saya tadi. Dalam 3 tahun Anda akan dipromosikan menjadi supervisor, kemudian setelah 3 tahun menjadi manager, 3 tahun menjadi GM dan 3 tahun menjadi Vice president. Dalam 12 tahun sudah bisa menjadi vice president jika Anda lancar. Bahkan Anda bisa dipromosikan dalam waktu 2 tahun jika Anda memiliki kinerja yang sangat baik.

Mendapatkan pekerjaan di Telkomsel sangat layak untuk diperjuangkan, terlebih lagi bahwa Telkomsel adalah karya anak negeri meskipun sebagian sahamnya dimiliki oleh Singtel. Produk asli Indonesia seperti ini sangat patut untuk menjadi besar dan lebih berkembang lagi dibandingkan perusahaan asing. Semoga sukses selalu dan saya mendoakan Anda agar mendapatkan pekerjaan yang paling tepat sesuai dengan kepribadian Anda.


35 comments:

  1. makasih gan informasinya, mau nanya dong apakah di GPTP ga ada tes kelompok gitu ? kalo ga salah namanya discusion group xxx

    ReplyDelete
    Replies
    1. di GPTP tdk ada Focus Group Discussion (FGD),gan...

      Delete
    2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. Gan numpang nanya gan pas interview HRD setelah jelasin ttg diri kita pakai bhs inggris, jawab pertanyaan setelahnya pake bahasa inggris atau ga ya gan?

    saya agak kurang ngomong pake bahasa inggris soalnua

    ReplyDelete
  3. Gan numpang nanya gan pas interview HRD setelah jelasin ttg diri kita pakai bhs inggris, jawab pertanyaan setelahnya pake bahasa inggris atau ga ya gan?

    saya agak kurang ngomong pake bahasa inggris soalnua

    ReplyDelete
  4. Gan numpang nanya gan pas interview HRD setelah jelasin ttg diri kita pakai bhs inggris, jawab pertanyaan setelahnya pake bahasa inggris atau ga ya gan?

    saya agak kurang ngomong pake bahasa inggris soalnua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo itu pake.bhs indonesia gan setelahnya

      Delete
  5. gan kalo sertifikat toefl nya diminta kapan gan ?? terus kalo sertifikat nya udah hilang acem gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kykny ga diminta cuma dites aja d intrvw kamu bs ga ngmg pke inggris. Kalo ilang ya tes toefl lg gan

      Delete
  6. Maaf gan, tolong arahannya.
    Sama kaya pertanyaan agan diatas

    Gan numpang nanya gan pas interview HRD setelah jelasin ttg diri kita pakai bhs inggris, jawab pertanyaan setelahnya pake bahasa inggris atau ga ya gan?



    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims sdh berkunjung d blog saya. Kalau stlhnya ga pake bhs inggris gan hehe jd tenang aja

      Delete
    2. Gan, saya dikirim email utk psikotest kamis depan, di emailnya disuruh reply utk konfirmasi kehadiran, udh dibls tpi dikirim lagi email yg sama, ini gimana ya gan? Takutnya nanti malah ga kedaftar..

      Delete
    3. Oh begini gan, sbnrnya dua kali itu mereka memastikan agar agan dpt emailnya jd mreka ingin melakukan yg terbaik agar aplikan yg lolos bisa ikut hehe. Sukses gan

      Delete
  7. Gan maaf nanya lagi nih. Kemarin kan ane udh tes psikotest, sumpah gan soalnya susah parah. Haha
    Agak pesimis, tapi berharap banget bisa berharap gan.
    Nah yg lulus ke tahap berikutnya itu, apa hanya diliat dr hasil psikotest aja atau dr cv kemarin kita juga di nilai lg gan?
    Terus kalau dr psikotest apa yg dinilai?
    Makasih ya gan. Tol0ng balasabnya ya. Hehe
    Ini kontak line ane gan (kholidinnur3) kalau agan berkenan saya minta di add gan, mau konsul lebih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg kyk gmn gan psikotesny, byk kan soalny.cv kan ud mrk screening paling.nti diliat lg pas wwncra. Jd skrg lolos nganya brdasarkan psikotes hehe

      Delete
    2. Oh gtu gan? Wah deg-degkan juga ya. Ya semoga aja lolos, kalau belum ya berarti belum rejekinya
      Makasih banyak loh gan, manfaat banget infonya

      Delete
  8. nice info makasih udah sharing sukses selalu

    ReplyDelete
  9. gan kemarin ane udah ikut psikotestna sumpah soalnya lain dari yg dipelajarin :') gambar semua :v apalagi gambar2 kelanjutan gitu, biin pusing, belum lagi tes koran baru pertama kali ikut..asli bikin stress gan hahaha semoga aja masih ada harapan lolos gan..btw agan ada punya contoh2 soal kyk yg dikasih pihak telkomselnya ga gan?? utk pembelajaran, masih bingung sama tes gambarnya :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tes koran (pauli) itu di internet pasti banyak. kalo tes kepribadian gitu juga banyak juga di inet kayak mbti. kalo ane sendiri ga nyimpen file cth soal psikotes gt gan hehe . ditunggu saja pengumumannya gan hehe sukses

      Delete
  10. Malam agan, mau tanya dong, kira2 interview hrd itu dihadapan berapa org ya? Saya ada undangan untuk tgl 26 nih, gegara isu2 in english jadi panik hehe

    ReplyDelete
  11. Malam agan, mau tanya dong, kira2 interview hrd itu dihadapan berapa org ya? Saya ada undangan untuk tgl 26 nih, gegara isu2 in english jadi panik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di hadapan dua orang saja. Satu HRD , satu lagi petingginya yg nanya2in. sukses gan interviewnya

      Delete
    2. Woow, terima kasih gan infonya, deg2an juga hahaha

      Delete
  12. Makasih blognya gan! untung gue baca ini dulu sebelum psikotes kemaren hehe. Alhamdulillah ngebantu banget..

    Nah buat yang wawancara, ane nervous bgt nih gan. Ada tips and trick selain yang disebutkan diatas gk gan? Kalo bahasa Inggris, Insya Allah ane bisa hehe. Maksudnya kaya pertanyaan2 menjebak gitu gan? ada gak?

    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sm2 gan untuk pujiannya.
      Yang penting gini gan, untuk setiap pertanyaan kamu praktekkan bdiucapin sendiri berulang kali sampai mantap. Ibarat latihan jurus bruce lee, dia latih satu jurus sampe dia kuasai. Nah kalao wawancara, kamu latih sampai kamu SANGAT MEYAKINKAN, pokoknya suara agak keras aja pas wawancara biar kelihatan PD.
      Seberapa besar usahamu untuk latihan itu tergantung seberapa besar kamu ingin masuk telkomsel. Kalau kamu ga latihan ap2 ya brati kamu gamau masuk sana. Menurutku perusahaan sangat layak diperjuangkan sama seperti prusahaan terkenal lainnya jadi latihan wawancara trus pokoknya

      Delete
  13. Pagi gan, Maaf mgganggu, mau nanya, Minggu lalu sya ikut tes psiko, klw info mengenai lulus/tdk nya kita ada info lagi gk yah ?? Mohon bantuannya gan?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. gan, katanya tahap akhir setelah medcheck ada verifikasi data ya gan? trus katanya lagi ada yg gk lolos verifikasi data itu knp yah? trims

    ReplyDelete
  16. mau tanya gan apa GPTP nerima D4? atau dlu ada lulusan yg sama2 D4 masuk tahap seleksi..

    thanks

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertiny mrk memang tdk terlalu frontal di dlm memberitahu posisinya..biasanya mrk mencari posisi marketing. Tp tdk tertutup kemungkinan lain

      Delete
  18. siang kak mau tanya. Apabila gagal psikotest masih bisa daftar untuk batch berikutnya nggak ya kak? soalnya ada beberapa perusahaan yang tidak boleh mendaftar lagi jadi hanya 1 kali kesempatan seumur hidup. makasih kak

    ReplyDelete
  19. Apa beda GPTP sama Telkomsel Trainee ya? Saya kemarin daftar GPTP VII TH 2017 ttp malah dipanggil Tsel Trainnee dan sudah sampai mau wawancara user. mohon jawabannya.

    ReplyDelete