Mencegah Ngantuk Ketika Mengikuti Seminar Kantor yang Membosankan (Ada ++ nya loh)

2 Desember 2014 @kelbytirtabudi
seminar kantor yang membosankan adalah pertanda buruk bagi sebuah perusahaan

Seminar kantor WAJIB dihadiri. Ketika mendengar tentang hal itu, pasti Anda ada yang berpikir bahwa seminar tersebut akan menarik dan Anda akan pulang dengan membawa banyak wawasan maupun gagasan baru. Tetapi bagaimana jadinya jika semua tidak sesuai dengan bayangan Anda. Seminar Kantor yang Membosankan adalah status yang layak diupdate di bbm Anda. Ngantuk akan menyerang bak roket meluncur di angkasa.

Namun bagi Anda yang sebenarnya tidak ingin mengantuk dan sampai tertidur di seminar, Anda dapat melakukan beberapa hal ini. Kopi espresso sekalipun tidak akan mempan jika seminarnya memang membosankan.

a. Duduk di depan
Anda sengaja duduk di depan, supaya kelihatan paling menonjol di antara karyawan lainnya. Bos Anda akan merasa kalau Anda adalah orang yang semangat dan ingin maju. Apakah Anda berani untuk mengantuk ketika duduk di depan? Pembicara seminar akan langsung melihat Anda dan tidak segan-segan menegur Anda. Ia akan merasa tersinggung jika Anda mengantuk.

b. Mencalonkan diri menjadi panitia seminar
Menjadi panitia seminar memaksa Anda untuk tetap tampil fresh dan memberikan Anda suatu kerjaan ketika seminar berlangsung. Anda mau tidak mau harus mengurus sesuatu sehingga menghindarkan Anda dari rasa kantuk. Atasan Anda akan lebih menyukai Anda dan mungkin ada honor ketika menjadi panitia seminar.

c. Mengusulkan adanya kuis berhadiah
Buatlah sebuah kuis yang berkaitan dengan isi seminar yang akan diadakan. Hadiah yang diberikan adalah sesuatu yang dapat memancing motivasi dari para karyawan sehingga ketika seminar berlangsung semua orang termasuk Anda akan menyimak apa yang dikatakan pembicara seminar dengan seksama. Menjalaninya akan memberikan kesenangan tersendiri karena dengan melakukan hal yang mudah, Anda dapat memperoleh suatu reward yang dapat memuaskan Anda.

d. Mengadakan Kuis Tertulis
Kuis tertulis yang dibuat bisa seperti format di bawah ini. Karyawan yang mendapatkan poin terbanyak akan mendapat hadiah atau bisa ditukarkan dengan suatu reward tertentu. Otomatis seluruh pegawai akan digerakkan untuk mendengarkan seminar dengan seksama. Pembicara juga akan merasa lebih dihargai ketika membawakan seminar. Teknik seperti ini dapat dilakukan pada setiap jenis seminar yang diadakan oleh kantor. Teknik ini terbilang unik karena mungkin Anda juga belum pernah mengalami metode seperti ini. Meskipun masih jarang digunakan, tetapi efeknya berkhasiat dan dapat digunakan secara jangka panjang. Hanya saja pertanyaan-pertanyaan harus disesuaikan dengan jenis seminar yang diadakan.

e. Memfollow suatu situs atau blog tentang motivasi
Sebenarnya jika ingin tidak mengantuk tanpa motivasi dari luar adalah dengan motivasi dari dalam diri. Namun karena kebanyakan motivasi dari dalam diri hanya untuk hal-hal tertentu, maka akan kurang efektif jika dikaitkan dengan seminar kantor yang mungkin tidak sesuai dengan selera kita. Oleh karena itu, motivasi dari luar masih menjadi senjata yang ampuh agar tetap semangat menjalani seminar kantor yang membosankan. Anda boleh berlangganan kata-kata motivasi atau meme motivasi yang diupdate secara periodik agar Anda tetap termotivasi setiap hari. Contohnya adalah di sini. Follow beberapa blog dan dapatkan kata-kata motivasi setiap harinya.

Demikian ide-ide brilian yang dapat mengubah kondisi 180 derajat dan justru akan memberikan manfaat ++ kepada karir dan relasi Anda di dunia kerja. Anda bisa mencoba satu per satu dan pasti akan memberikan efek yang positif serta bermanfaat. Sukses selalu dan semoga seminar kantor berikutnya menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan dan dinanti-nantikan.

No comments:

Post a Comment