WEBSITE-WEBSITE YANG WAJIB DIKUNJUNGI KETIKA INGIN MELAMAR KERJA



23 November 2014 @kelbytirtabudi

bekerja mengambil porsi sebesar 60 persen dari lama hidup kita, maukah kita bekerja di tempat asal-asalan?

Salah satu aktivitas yang wajib kita lakukan selepas dari bangku kuliah adalah melamar pekerjaan. Ada yang bersikap hati-hati dengan memasukkan lamaran hanya ke perusahaan yang memang diidamkan. Sementara yang lain memilih menyebarkannya ke banyak lowongan dengan dalih “yang penting bekerja dulu, lumayan pengalaman.”
Tidak masalah Anda termasuk tipe pelamar yang seperti apa. Namun ada baiknya Anda mengunjungi website-website di bawah ini agar Anda mendapat gambaran utuh mengenai pekerjaan yang Anda lamar.
1.  Qerja.com
Situs ini amat membantu bila Ada perusahaan yang membuka lowongan kerja mengharuskan Anda menuliskan jumlah salary yang diinginkan. Memasang salary terlalu rendah membuat perusahaan cenderung menganggap Anda tidak terlalu yakin dengan kemampuan diri sendiri. Sementara meminta terlalu tinggi dapat menurunkan kesempatan Anda diterima.
Perlu Anda perhatikan bahwa salary tinggi bukanlah segalanya. Terkadang ada beberapa perusahaan yang tidak mematok angka salary terlalu tinggi, namun mengkompensasikannya dengan berbagai tunjangan dan jenjang karir yang pasti.

Gambar di atas menunjukkan contoh-contoh jabatan dan kisaran gaji yang didapat. Contoh, menjadi staff di Chevron Pacific akan ada kemungkinan gaji berkisar dari 2 juta - 10 juta. Rata-rata dari 14 gaji yang terdaftar di qerja.com adalah 4.7 jt. Gaji 4.7 juta bukan patokan yang tepat karena rentang yang cukup jauh. Jika rentang tidak terlalu jauh maka gaji rata-rata dapat menjadi patokan.

Bagian kanan adalah pilihan bidang atau jabatan secara spesifik.
Qerja menyediakan berbagai bidang pekerjaan yang dapat diketahui gajinya seperti IT, telekomunikasi, perbankan, keuangan, perminyakan, pertambangan, otomotif, ritel, makanan, minuman, asuransi dan lainnya. Terdapat 50000 lebih informasi gaji berdasarkan bidang industri. Selain itu Anda juga dapat memilih informasi gaji berdasarkan jabatan yang tersedia yaitu manager, as.manager, staf akuntan, account officer, management trainee, general manager, sekretaris analis dan lainnya. Terdapat 8000 lebih informasi gaji berdasarkan jabatan.
2.  Jobstreet.co.id
Jobstreet Indonesia pada saat artikel ini ditulis berisi sekitar 30.000 lowongan dengan bervariasi mulai dari akuntansi, keuangan, administrasi, kesehatan, hotel, restoran, manufaktur, seni, media, komunikasi, bangunan, konstruksi, penjualan, marketing, ilmu pengetahuan, IT, komputer, pendidikan, teknik, pelatihan, pelayanan dan sebagainya.
Anda dapat membuat Curriculum Vitae (CV) Anda sendiri melalui web ini sehingga ketika melamar kerja, tidak perlu mengupload CV ataupun dokumen lainnya.
Anda juga bisa menetapkan gaji yang diharapkan dan melihat suatu lowongan pekerjaan apakah gaji yang ditawarkan berkisar gaji harapan Anda atau lebih kecil atau bahkan lebih besar.
Uniknya ketika sudah mempunyai akun jobstreet maka Anda akan memperoleh asisten yang bernama LiNa yang akan mengirimkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang jurusan dan riwayat kerja Anda. 

3.  Loker.web.id
Dewasa ini ada banyak penipuan dengan modus lowongan pekerjaan. Jadi amatlah penting bagi Anda untuk mengunjungi situs terpercaya. Salah satunya adalah loker.web.id. Salah satu kelebihan situs lowongan pekerjaan ini dibandingkan dengan situs sejenis adalah mereka mewajibkan perusahaan yang mendaftar menggunakan identitas asli lengkap dengan data perusahaan. Ini meningkatkan kepercayaan pada publik bahwa memang perusahaan tersebut membuka lowongan pekerjaan. Berbeda dengan jobstreet yang membolehkan perusahaan untuk tidak menunjukkan identitas asli perusahaan.

Demikian 3 website yang wajib anda kunjungi ketika ingin melamar kerja. So pasti akan meningkatkan ketepatan Anda di dalam memilih jalur karir yang cocok bukan? Salam Sukses Selalu!

No comments:

Post a Comment