MENGENALI KEPRIBADIAN ANDA MELALUI THE BIG FIVE PERSONALITY TEST


17 November 2014 @kelbytirtabudi

Mengenal diri sendiri akan memberikan Anda insight mengenai kekuatan di dalam diri Anda

Pada umumnya orang merasa bingung bila diminta menggambarkan diri sendiri. Alasan paling utama adalah karena mereka tidak benar-benar tahu seperti apa kepribadian mereka. Padahal dengan tes sederhana, Anda dapat dengan segera menyadari kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri sendiri.

Dengan menyadari kelebihan dan kekurangan diri sendiri maka Anda memiliki keuntungan dibandingkan dengan orang lain yang tidak. Anda lebih mudah untuk memilih mau mengembangkan passion atau bidang yang benar-benar Anda kuasai. Dengan fokus dan passion yang tepat maka sukses akan segera menjumpai Anda. Tes-tes di bawah ini akan memudahkan Anda di dalam mengenal pribadi Anda lebih jauh.
Salah satu tes yang cukup mudah dilakukan dan memberikan hasil yang akurat adalah The Big Five Personality Test. Tes ini dibuat dengan tujuan mengetahui hal-hal mendasar dalam diri responden. Ada lima aspek yang dinilai yakni:
1.  Openness
Yang mencoba menilai apakah Anda termasuk orang yang selalu ingin tahu (curious) atau termasuk mereka yang berhati-hati (cautions). Yang selalu ingin tahu akan lebih mudah berpindah ke objek yang lain dan biasanya memiliki wawasan yang luas. Orang yang biasa berhati-hati terhadap suatu hal yang baru akan menerima jika mampu diyakinkan oleh manfaat positif dari hal baru tersebut.
2.  Conscientiousness
Di sini Anda mencari tahu apakah Anda termasuk orang yang rapi dan terorganisir dengan baik (organized) atau Anda justru memiliki sifat teledor dan santai (easy going). Tentunya pekerjaan yang menuntut teroganisirnya sesuatu akan sangat berbeda dengan pekerjaan yang santai. Pekerjaan terogganisir seperti pekerjaan administrasi, pembukuan, keuangan, laporan dan sebagainya.
3.  Agreeableness
Anda juga dapat mengetahui apakah Anda termasuk orang yang ramah dan mudah bersosialisasi (Friendly) atau justru sebaliknya, lebih mengandalkan logika dan pemahaman (analitical). Orang yang ramah akan lebih berkembang jika berhadapan dengan banyak orang. Interaksi yang dihadapinya memberikan kekuatan kepada orang yang ramah tersebut, sebaliknya orang yang analitik sangat suka mengamati atau mendalami suatu dan biasanya cocok untuk pekerjaan menganalisis suatu data.
4.  Extraversion
Bagian ini akan menunjukkan apakah Anda cukup menyukai kegiatan yang membutuhkan sosialisasi (outgoing) atau Anda lebih memilih kesendirian (solitary). Orang yang solitary biasanya sangat menyukai saat-saat dia sendiri. Ia sangat baik jika mennyelesaikan suatu pekerjaan dengan sendiri. Orang yang outgoing merasa bahwa jika sendiri maka ia akan merasa sangat bosan dan lebih memilih untuk bertemu dengan banyak orang.
5.  Neurotism
Apakah Anda mudah merasakan perubahaan mood dan perasaan (Sensitive) atau justru bisa bersikap cuek-bebek (secure). Biasanya wanit lebih mampu merasakan mood seseorang dan laki-laki bersifat cuek. Namun ada sebagian kecil yang justru memiliki sifat kebalikannya.

Poin penting yang selalu menjadi kebenaran adalah tidak ada kepribadiaan yang jelek. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tantangannya adalah mengasah kelebihan dan mengikis kekurangan. Namun tantangan awal adalah untuk mencari tahu seperti apa diri kita sendiri. Apakah Anda sudah siap mencari tahu?

1 comment:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    ReplyDelete