MENJAGA AGAR TUBUH TETAP FIT SAAT BEGADANG



16 November 2014 @KelbyTirtabudi
Begadang boleh saja asal ada gunanya - Rhoma Irama

Anda diharuskan untuk kerja lembur dengan jam yang melebihi jam tidur Anda? Kerja lembur akan memberikan Anda ekstra income yang dapat dinikmati setiap kali menerima gaji. Namun konsekuensinya adalah kesehatan tubuh menjadi terganggu. Padahal kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Orang yang tidak sehat belum tentu dapat bekerja lagi.
Namun bukan berarti Anda tidak boleh mengambil kerjaan lembur.  Ada 4 cara sederhana yang dapat Anda praktekkan untuk mempertahankan kesehatan saat menjalani pekeraan yang menuntut Anda untuk begadang.

1.  KURANGI KONSUMSI KAFEIN DAN NIKOTIN
Gantilah kopi dengan air putih. Banyak orang tidak menyadari bahwa air putih memiliki kandungan oksigen yang baik untuk otak. Bila aliran oksigen ke otak lancar dan baik, kita akan terhindar dari rasa kantuk berlebih. Air putih juga baik bagi ginjal karena berfungsi sebagai detox alami tubuh. Lebih baik lagi jika dapat meminum air beroksigen yang sekarang sudah tersedia di minimarket di mana-mana. Sebaliknya mengonsumsi kafein dan nikotin akan memberikan efek ganda karena pada dasarnya kedua unsur tersebut tidak baik terhadap tubuh apalagi dalam jumlah banyak. Unsur yang jahat terhadap tubuh dan pola tidur yang berubah hanya akan memperparah kondisi tubuh.

2.  GUNAKAN CANGKIR ATAU GELAS YANG KECIL
Tujuannya agar Anda banyak berdiri untuk mengisi kembali cangkir Anda. Ini akan menyediakan kesempatan bagi tubuh untuk relaksasi dan bergerak untuk mengambil air. Tubuh pun terhindar dari kejenuhan. Bekerja pada kondisi tubuh yang belum beristirahat akan lebih efektif jika kejenuhan dapat dihilangkan. Produktivitas akan lebih stabil jika dibarengi dengan aktivitas lainnya yang dapat merefresh tubuh.

3.  HINDARI CAMILAN KAYA GARAM ATAU YANG TERLALU MANIS
Garam mempunyai sifat menyerap air dalam tubuh dan mengikatnya untuk beberapa waktu. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi asupan oksigen yang ada di dalam air ke otak. Bila Anda ingin mengemil, gantilah cemilan Anda dengan roti gandum utuh atau keping jagung yang kaya serat. Makanan kaya serat akan menambah asupan gizi yang dibutuhkan saat Anda begadang. Sebaliknya makanan manis yang kaya akan karbohidrat dapat mengakibatkan tubuh lebih mengantuk tetapi mengonsumsi makanan yang kaya protein akan membuat tubuh lebih segar.

4.  AMBIL WAKTU BREAK DARI BEGADANG
Lama jam tidur untuk manusia normal adalah 6-8 jam sehari jika kekurangan maka akan terasa gampang lelah dan jika kelebihan maka akan terasa lemas tak berdaya. Rahasianya adalah lama jam tidur tersebut harus dipenuhi. Jika begadang dan kurang tidur maka akan tubuh akan berhutang jam tidur. Penuhilah tuntutan tubuh tersebut pada keesokan harinya dengan tidur lebih lama dari seharusnya agar kondisi tubuh dapat pulih dengan sempurna. Jika tubuh terus begadang tanpa henti dengan lama tidur yang pendek maka pada suatu titik tubuh tidak akan tahan lagi dan akan tidur seharian.

Gampangnya dengan melakukan keempat tips di atas Anda dapat melakukan aktivitas begadang dengan menjaga kesehatan tubuh. Asalkan tidak terlalu memforsir tubuh sendiri maka niscaya kesehatan yang harganya sangat mahal akan tetap terjaga. Selamat Bekerja.

No comments:

Post a Comment